Laporan Autentikasi CHAP PAP CHAP

Minggu, 27 Februari 2011

Laporan Diagnosa Chap Pap Chap

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Laporan Autentikasi PAP CHAP PAP

Laporan Diagnosa Pap Chap Pap

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Laporan Autentikasi CHAP PAP

Laporan Diagnosa Chap Pap

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Laporan Autentikasi CHAP (one way & two way)

Laporan Diagnosa Chap One Way


Laporan Diagnosa Chap Two Way

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Jumat, 18 Februari 2011

General Public License (GPL)

Mungkin kita sering mendengar tentang istilah ini. Tapi ternyata belum banyak dari kita yang belum memahaminya. GPL adalah sebuah lisensi yang menyatakan bahwa sebuah karya intelektual (biasanya software) bebas dipakai, disalin, diedarkan, bahkan dikembangkan oleh siapapun tanpa harus membayar atau ijin terlebih dulu. GPL atau bila diterjemahkan menjadi Lisensi Publik Umum pertama kali dibuat oleh Richard Stallman untuk proyek-proyek pembuatan software di bawah bendera GNU.
GNU sendiri adalah sebuah yayasan pembuat software-software gratis termasuk Linux. Seiring perkembangannya, GPL tidak hanya dipakai oleh GNU dan Linux saja. Sekarang telah ada lebih dari 60.000 aplikasi yang menyatakan dirinya berlisensi GPL. Khusus untuk urusan aplikasi, saat ini telah berdiri Free Software Foundation (FSF) yang merupakan perhimpunan pembuat software gratis sedunia.
Bagi penganut GPL, karya intelektual – seperti halnya ilmu pengetahuan – pada dasarnya tidak memiliki hak cipta. Karena ia berasal dari ‘Ide Murni’ dan sudah sepantasnya dinikmati oleh seluruh umat manusia karena memang sudah menjadi hak alamiah. ‘Ide murni’ berbeda dengan barang dagangan seperti meja maupun kursi yang membutuhkan biaya produksi. ‘Ide Murni’ seperti wahyu, ia datang secara natural langsung dari atas , maka sudah seharusnya jika ia disebarluaskan demi kemajuan bersama. Berbagai ketentuan GPL tersebut dituangkan dalam ayat-ayat GPL. Kesepakatan GPL sendiri hingga saat ini telah mengalami tiga kali penyempurnaan, yang paling akhir adalah ketentuan GPL versi ke 3 (GPLv3).
Sifat program GPL yang terbuka membuat semua orang dapat mengembangkan dan menyempurnakannya secara bebas. Hasilnya pun luar biasa, banyak software-software GPL yang terbukti lebih sempurna dari pada software-software berbayar.
Berbagai komunitas pengguna dan pengembang software GPL pun mulai bermunculan. Biasanya komunitas-komunitas tersebut menolak keras penggunaan software-software komersil. Mereka menggunakan Linux untuk operating system, mengetik dengan OpenOffice, berselancar dengan Firefox, membaca email dengan Thunderbird, ngeblog dengan WordPress atau Blogspot, bikin website dengan Joomla, mengelola server dengan CPanel, bikin animasi 3D dengan Blender, membuka foto dengan Fastone, mengedit gambar dengan Gimp, dan lain sebagainya.
Hampir semua lisensi dari perangkat lunak dirancang untuk merebut kebebasan anda dan mengubahnya. Sebaliknya, Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License) bertujuan untuk menjamin kebebasan anda untuk berbagi dan mengubah perangkat lunak bebas untuk menjamin bahwa perangkat lunak tersebut tetap bebas bagi penggunanya. General Public License ini dapat diberlakukan terhadap hampir semua perangkat lunak Free Software Foundation dan program lain apa pun yang penciptanya mau menggunakan Lisensi ini.
(Beberapa perangkat lunak Free Software Foundation lainnya menggunakan GNU Library Public License.) Anda dapat memberlakukannya terhadap program Anda juga.
Ketika kita berbicara tentang perangkat lunak bebas, kita mengacu kepada kebebasan, bukan harga. Lisensi Publik Umum kami dirancang untuk menjamin bahwa Anda memiliki kebebasan untuk mendistribusikan salinan dari perangkat lunak bebas (dan memberi harga untuk jasa tersebut jika Anda mau), mendapatkan source code atau bisa mendapatkannya jika Anda mau, mengubah suatu perangkat lunak atau menggunakan bagian dari perangkat lunak tersebut dalam suatu program baru yang juga bebas; dan mengetahui bahwa Anda dapat melakukan semua hal ini.
Untuk melindungi hak-hak Anda, kami perlu membuat batasan-batasan yang melarang orang lain untuk dapat menolak hak-hak Anda atau membuat Anda menyerahkan hak-hak Anda tersebut. Batasan-batasan ini diterjemahkan menjadi beberapa tanggung jawab bagi Anda jika Anda mendistribusikan salinan dari suatu perangkat lunak, atau memodifikasinya.
Sebagai contoh, jika Anda mendistribusikan salinan dari suatu program, baik secara gratis atau dengan biaya, Anda harus memberi semua hak-hak Anda kepada si penerima. Anda juga harus menjamin bahwa si penerima tersebut mendapatkan atau bisa mendapatkan source code-nya.
Kami melindungi hak-hak Anda dengan dua langkah:
1. hak cipta terhadap perangkat lunak tersebut
2. menawarkan Lisensi ini kepada Anda yang memberi Anda izin legal untuk menyalin, mendistribusikan dan/atau memodifikasi perangkat lunak tersebut.
Demi perlindungan bagi si pencipta dan kami juga, kami ingin memastikan bahwa semua orang mengerti bahwa tidak ada garansi bagi perangkat lunak bebas. Jika perangkat lunak tersebut dimodifikasi oleh orang lain dan didistribusikan, kami ingin sang penerimanya mengetahui bahwa apa yang mereka punyai bukanlah perangkat lunak yang aslinya, sehingga masalah apa pun yang ditimbulkan oleh orang lain tidak mencerminkan reputasi pencipta perangkat lunak yang asli.
Terakhir, program apa pun bebas terancam oleh hak paten perangkat lunak. Kami ingin menghindari bahaya yang memungkinkan redistributor program yang bebas bisa mendapatkan hak paten untuk dirinya sendiri, yang mengakibatkan program tersebut menjadi tak bebas. Untuk mencegah hal ini, kami telah menyatakan dengan jelas bahwa hak paten apa pun harus dilisensikan bagi semua orang, atau tidak sama sekali.
GNU GPL dirancang sedemikian rupa sehingga Anda dapat dengan mudah menerapkannya pada program Anda sendiri jika Anda adalah pemegang hak cipta. Anda tidak perlu mengubah GNU GPL untuk melakukan hal ini, tambahkan saja pemberitahuan untuk program anda yang merujuk dengan benar untuk GNU GPL. Harap dicatat bahwa Anda harus menggunakan seluruh teks GPL, jika Anda menggunakannya. Ini adalah satu kesatuan, dan salinan parsial tidak diizinkan. (Demikian juga untuk LGPL itu, AGPL, dan FDL.)
Ketentuan dan persyaratan untuk menyalin, mendistribusikan dan memodifikasi
Lisensi ini berlaku untuk program apa pun atau karya lain yang memuat pemberitahuan yang ditempatkan oleh pemegang hak cipta memberitahukan bahwa program atau karya tersebut boleh didistribusikan di bawah persyaratan dari General Public License ini. Sang “Program”, di bawah, mengacu pada program atau karya apa pun seperti yang telah disebutkan, dan “karya berdasarkan si Program” berarti si Program itu sendiri atau karya turunan apa pun di bawah hukum hak cipta: yang artinya, suatu karya yang memuat si Program atau bagian darinya, baik itu sama persis atau dengan modifikasi dan/atau diterjemahkan ke dalam bahasa lain. (Mulai dari sekarang, penerjemahan dimasukkan tanpa batas dalam ketentuan “modifikasi”.) Setiap pemegang lisensi disebut sebagai “Anda”.
Kegiatan selain menyalin, mendistribusikan dan memodifikasi tidak dilingkupi oleh Lisensi ini; kegiatan tersebut berada di luar ruang lingkup Lisensi ini. Kegiatan menjalankan si Program tidak dibatasi, dan keluaran dari si Program dilingkupi hanya jika isinya mempunyai dasar karya yang berbasis si Program tersebut (terlepas dari keluarannya dibuat dengan cara menjalankan si Program atau tidak). Benar atau tidaknya tergantung pada apa yang dilakukan si Program.
1. Anda boleh menyalin dan mendistribusikan sama persis dari source code si Program sebagaimana Anda menerimanya, dalam media apa pun, dengan syarat Anda menaruh pemberitahuan yang pantas tentang hak cipta dan penyangkalan terhadap garansi dengan jelas dan sepatutnya pada setiap salinan; menyimpan secara utuh semua pemberitahuan yang mengacu kepada Lisensi ini dan kepada ketiadaan garansi apa pun; dan memberi kepada penerima lainnya sebuah salinan dari Lisensi ini bersama si Program. Anda boleh memberi harga untuk kegiatan memindahkan salinan secara fisik, dan Anda boleh, sesuai pilihan Anda, menawarkan perlindungan garansi untuk harga tertentu.
2. Anda boleh memodifikasi satu atau lebih salinan si Program atau bagian dari si Program yang Anda miliki, sehingga membentuk suatu karya yang berdasarkan si Program, dan menyalin serta mendistribusikan modifikasi atau karya seperti yang telah disebutkan dalam ketentuan pada Bagian 1 di atas, dengan syarat Anda juga memenuhi semua persyaratan ini:
a) Anda harus membuat agar berkas-berkas yang termodifikasi membawa pemberitahuan menyolok yang memberitahukan bahwa Anda telah mengubah berkas-berkas tersebut dan tanggal perubahan tersebut.
b) Anda harus menghasilkan karya yang Anda sebarkan atau edarkan, baik seluruhnya atau sebagian atau di hasilkan dari suatu program atau dari berbagai bagian, untuk dilisensikan secara keseluruhan tanpa biaya kepada seluruh partai ketiga di bawah lisensi tersebut.
c) Jika program yang dimodifikasi saat dijalankan dapat membaca perintah-perintah secara interaktif, Anda harus dapat mewujudkannya, saat memulai menjalankan sesuatu interaktif dengan cara yang paling wajar, mencetak atau menampilkan suatu pengumuman termasuk pemberitahuan hak cipta dan tidak
adanya garansi (atau lainnya, yang mengatakan kalau Anda menyediakan garansi, dan pemakai boleh mengedarkan program tersebut berdasarkan suatu kondisi/persyaratan, dan beritahukan kepada mereka bagaimana caranya melihat salinan dari lisensi tersebut.
(Pengecualian : Jika program itu sendiri adalah interaktif tapi tidak mencetak pemberitahuan seperti di atas, karya Anda yang berdasarkan program tersebut juga tidak diharuskan mencetak pemberitahuan tersebut.)
Persyaratan-persyaratan ini diperuntukkan untuk karya yang dimodifikasi secara keseluruhan. Jika bagian yang dapat diidentifikasi dari karya tersebut tidak berasal dari suatu program, dan dapat dinyatakan berdiri sendiri dan suatu karya yang terpisah, maka Lisensi ini, dan bagian-bagiannya, tidak berlaku untuk bagian tersebut saat Anda mengedarkannya sebagai suatu karya yang terpisah. Namun, saat Anda mengedarkan bagian yang sama sebagai bagian dimana karya tersebut merupakan bagian dari program, pengedaran dari yang keseluruhan harus berdasarakan lisensi tersebut, yang perizinannya untuk lisensi yang lain diperluas ke seluruhnya, dan pada setiap bagian tidak peduli siapa yang menulisnya.
Maka, bukanlah tujuan dari bagian ini untuk mengklaim hak-hak atau memamerkan hak-hak Anda untuk bekerja menulis seluruhnya oleh Anda; daripada, tujuannya adalah untuk melatih hak untuk mengendalikan pendistribusian dari karya turunan atau kolektif berdasarkan si Program tersebut.
Sebagai tambahan, agregasi belaka dari karya yang lain tidak berdasarkan dari si Program dengan si Program (atau dengan suatu karya berdasarkan si Program) pada kapasitas penyimpanan atau media pendistribusian tidak membawa karya lainnya di bawah lingkup dari Lisensi tersebut.
3. Anda boleh menyalin dan menyalurkan si Program (atau karya yang berdasarkan si Program tersebut, tercantum pada Bagian 1 dan 2) dalam object code atau bentuk yang dapat dijalankan seperti pada ketentuan yang tercantum pada Bagian 1 dan 2 di atas, dengan syarat Anda juga melakukan salah satu dari hal berikut:
a) Menyertakannya dengan source code bersangkutan yang lengkap dan dapat dibaca, yang harus didistribusikan di bawah ketentuan yang tercantum pada Bagian 1 dan 2 di atas pada suatu media yang dipergunakan secara khusus untuk pertukaran perangkat lunak
b) Menyertakannya dengan penawaran tertulis, yang berlaku untuk setidaknya tiga tahun, untuk memberi pihak ketiga mana pun, dengan suatu harga yang tidak melebihi biaya untuk melakukan pendistribusian sumber, source code bersangkutan yang lengkap dan dapat dibaca, untuk didistribusikan di bawah ketentuan dari Bagian 1 dan Bagian 2 di atas pada suatu media yang dipergunakan secara khusus untuk pertukaran perangkat lunak
c) Menyertakannya dengan informasi yang Anda terima berhubungan dengan penawaran untuk mendistribusikan source code yang bersangkutan. (Alternatif ini diperbolehkan hanya untuk distribusi non-komersil dan hanya jika Anda memperoleh program dalam bentuk object code atau bentuk yang dapat dijalankan dengan penawaran seperti yang telah disebutkan, menurut Sub bagian b di atas.)
Source code dari sebuah karya berarti bentuk yang diinginkan dari pekerjaan untuk memodifikasinya. Untuk sebuah karya yang dapat dijalankan, source code lengkap artinya semua source code untuk semua modul yang dikandungnya, ditambah berkas-berkas definisi yang berhubungan, ditambah script yang digunakan untuk mengendalikan kompilasi dan instalasi dan bentuk yang dapat dijalankannya. Bagaimanapun, sebagai pengecualian, pendistribusian source code tidak diperlukan untuk memasukkan semua komponen yang biasanya didistribusikan (dalam bentuk source atau biner) bersama dengan komponen utama (kompilator, kernel, dan sebagainya) dari sistem operasi dimana program tersebut berjalan, kecuali komponen tersebut mendampingi bentuk yang dapat dijalankannya. Jika pendistribusian dari bentuk yang dapat dijalankannya dan object code dibuat dengan penawaran akses untuk menyalin dari tempat yang telah ditentukan, maka penawaran akses untuk menyalin source code dari tempat yang sama dihitung sebagai pendistribusian dari source code, walaupun pihak ketiga tidak diharuskan untuk menyalin source code bersama-sama dengan object code.
4. Anda tidak boleh menyalin, mengubah, mensublisensikan, atau mendistribusikan si Program tersebut kecuali sebagaimana telah diterangkan pada Lisensi ini. Segala usaha untuk menyalin, mengubah, mensublisensikan, atau mendistribusikan si Program tersebut adalah tidak sah, dan secara otomatis akan membatalkan hak-hak Anda di bawah Lisensi ini. Akan tetapi, mereka yang sudah mendapatkan salinan, atau hak-hak dari Anda di bawah Lisensi ini tidak akan dibatalkan lisensinya selama mereka tetap mematuhi Lisensi ini.
5. Anda tidak diharuskan menerima Lisensi ini, karena anda belum menyetujuinya. Tetapi, tidak ada lisensi lain yang memberi anda izin untuk memodifikasi atau mendistribusikan Program tersebut atau turunannya. Kegiatan tersebut dilarang oleh hukum jika anda tidak menerima Lisensi ini. Oleh karena itu, dengan memodifikasi atau mendistribusikan program tersebut (atau hasil kerja berdasarkan program tersebut), berarti Anda menerima Lisensi ini, dan semua ketentuan serta kondisi untuk menyalin, mendistribusikan atau memodifikasi program tersebut atau hasil kerja berdasarkan program tersebut.
6. Setiap kali anda mendistribusikan si Program tersebut (atau hasil kerja lain berdasarkan Program tersebut), penerima secara otomatis menerima lisensi dari pemberi lisensi untuk menyalin, mendistribusikan atau memodifikasi si Program tersebut berdasarkan persyaratan dan kondisi yang ada. Anda tidak boleh memberikan pembatasan lain terhadap perilaku penerima terhadap hak-hak yang telah diberikan . Anda tidak bertanggung jawab untuk memaksakan penyesuaian pihak ketiga terhadap Lisensi ini.
7. Jika sebagai konsekuensi dari keputusan pengadilan atau pelanggaran paten atau hal yang lainnya (tidak terbatas kepada permasalahan paten), kondisinya tergantung pada anda (jika ada suruhan dari pengadilan, kesepakatan atau yang lainnya) yang berbeda dari Lisensi ini, mereka tidak menerima kesepakatan Lisensi ini. Jika kita tidak bisa menyebarkan agar dapat secara simultan terpuaskan kesepakatan di bawah Lisensi ini dan kesepakatan yang lainnya, kemudian sebagai konsekuensi nya kita tidak dapat mengedarkan seluruh program sama sekali. Sebagai contoh, jika lisensi paten tidak membolehkan pembayaran royalti (hak pakai) dari program dimana pengguna
menerima salinannya secara langsung atau tidak langsung dari Anda, maka satu-satunya jalan untuk Anda memuaskan antara yang menerima salinan dan Lisensi ini adalah untuk menjelaskan keseluruhan distribusi program. Jika ada bagian dari sini termasuk tidak sah atau tidak dapat diterapkan di bawah keadaan tertentu apa pun juga, keseimbangan dari bagian ini bertujuan untuk menerapkan dan bagian ini sebagai keseluruhan adalah diperuntukkan untuk menerapkan hal yang lainnya. Ini bukan bermaksud untuk mempengaruhi Anda untuk melanggar paten tertentu atau klaim hak kepemilikan yang lain atau untuk mengadu keabsahan klaim hak kepemilikan apa pun; bagian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk melindungi integritas dari sistem pendistribusian perangkat lunak bebas, dimana perangkat lunak itu diimplementasikan oleh praktek lisensi umum. Banyak orang sekarang telah dapat membuat kontribusi umum untuk mendistribusikan penggunaan perangkat lunak dalam sebuah sistem yang terbuka; hal ini tergantung dari si pencipta/penderma jika ia punya keinginan untuk menyebarkan/tidak menyebarkan aplikasi yang ia buat ke masyarakat luas tanpa mengikuti sistem yang berlaku dan pemegang lisensi tidak dapat menentukan pilihan tersebut. Bagian ini bertujuan untuk membuat sebuah pemahaman yang jelas tentang apa yang dipercayai sebagai akibat dari sisa Lisensi ini.
8. Jika distribusi dan/atau penggunaan si Program dibatasi di negara-negara tertentu saja melalui paten atau hak cipta antar muka, pemegang hak cipta orisinil yang menempatkan si Program di bawah Lisensi ini boleh menambahkan batasan pendistribusian geografis secara ekplisit terkecuali negara-negara yang disebut di atas, sehingga distribusi hanya terdapat di dalam atau di antara negara-negara yang diperbolehkan. Dalam kasus semacam itu, Lisensi ini menyertakan limitasi di atas sebagaimana tertulis di dalam tubuh Lisensi ini.
9. Free Software Foundation diperbolehkan menerbitkan versi revisi atau versi baru dari General Public License dari waktu ke waktu. Versi baru semacam itu akan tetap memiliki semangat yang sama dengan versi sebelumnya, tapi dapat berbeda detil untuk menangani problem baru atau perhatian baru. Setiap versi diberikan nomor versi yang berbeda-beda. Jika si Program menyatakan nomor versi dari Lisensi ini yang diberlakukan dalam Program tersebut dan versi-versi berikutnya dari Program tersebut, Anda memiliki pilihan untuk mengikuti syarat dan kondisi dari versi ini atau salah satu versi berikutnya yang diterbitkan oleh Free Software Foundation. Jika Program tidak menyatakan nomor versi dari Lisensi ini, Anda boleh memilih sembarang versi yang diterbitkan oleh Free Software Foundation.
10. Jika Anda menginginkan untuk menyertakan bagian dari Program ke dalam program bebas yang lain yang kondisi distribusinya berbeda, Anda harus menanyakan kepada penulis program. Untuk software yang dihakciptakan oleh Free Software Foundation, anda harus menanyakan ke Free Software Foundation; kami kadang kala membuat pengecualian dalam hal ini. Keputusan kami akan ditentukan oleh dua hal yaitu untuk menjaga status bebas dari semua turunan perangkat lunak bebas kami dan untuk mempromosikan pengunaan bersama dan penggunaan kembali dari perangkat lunak secara umum.
11. Karena izin program bebas biaya, tak ada jaminan tambahan untuk program sampai batasan yang ditentukan oleh hukum yang ada. kecuali jika ada tulisan yang disebutkan oleh pemegang hak cipta dan atau kelompok lain yang menyediakan program sebagai tanpa jaminan jenis apapun, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk, tapi tak terbatas, jaminan daya jual dan tujuan-tujuan tertentu. semua resiko dari kualitas dan kehandalan program ditanggung anda sendiri, jika terjadi program ternyata cacat atau kurang sempurna, anda membuat asumsi dari biaya perbaikan, pembetulan dan koreksi seperlunya.
12. Tidak dalam keadaan apa pun kecuali dibutuhkan oleh hukum yang ada atau disetujui dalam tulisan pemegang hak cipta, atau pihak lain yang memodifikasi dan mendistribusikan program seperti yang diizinkan di atas, anda bertanggung jawab atas kerusakan , termasuk secara umum, kerusakan khusus, sengaja maupun tidak disengaja, yang menyebabkan program tak bisa digunakan (termasuk, tapi tak terbatas hanya pada hal tersebut kehilangan data atau data menjadi tidak akurat, disebabkan oleh anda atau pihak ketiga, atau kegagalan program untuk bekerjasama dengan program lain ), walau bahkan jika pemegang hak cipta atau pihak lain telah diperingatkan tentang kemungkinan kerusakan tersebut. Cara Mendaftar Ketentuan ke Program Baru Anda
Jika Anda mengembangkan suatu program baru, dan Anda ingin menjadi penggunaan-besarnya kepada masyarakat, cara terbaik untuk mencapai ini adalah untuk membuat perangkat lunak bebas dimana semua orang dapat mendistribusikan dan mengubah di bawah istilah-istilah ini.
Untuk melakukannya, melampirkan pemberitahuan berikut ke program tersebut. Hal ini paling aman untuk melampirkannya ke awal setiap berkas sumber ke paling efektif negara pengecualian garansi, dan setiap file harus memiliki setidaknya “hak cipta” baris dan pointer ke tempat pemberitahuan penuh ditemukan.
line
Hak Cipta (C)
Program ini adalah perangkat lunak bebas: Anda dapat menyebarluaskannya dan / atau memodifikasi di bawah GNU General Public License sebagaimana dipublikasikan oleh Free Software Foundation, baik versi 3 dari Lisensi, atau (Sesuai pilihan anda) versi lain.

Program ini didistribusikan dengan harapan akan berguna, tetapi TANPA ADANYA JAMINAN; bahkan tanpa jaminan yang termasuk dari PENJUALAN atau KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU. Lihat GNU General Public License untuk rincian lebih lanjut.
Anda seharusnya menerima salinan dari GNU General Public License bersama dengan program ini. Jika tidak, lihat .
Juga menambahkan informasi tentang cara untuk menghubungi Anda melalui surat elektronik dan kertas. Jika program tidak interaksi terminal, membuat output pemberitahuan singkat seperti ini ketika mulai di modus interaktif:

Hak Cipta (C)
Program ini dilengkapi dengan TIDAK BERISI JAMINAN APAPUN; untuk jenis rincian acara `w ‘. Ini adalah perangkat lunak gratis, dan Anda dipersilahkan untuk menyebarluaskannya dalam kondisi tertentu; tipe `menunjukkan c ‘untuk rincian. Perintah-
perintah hipotetis `show w ‘dan` c menunjukkan’ harus menunjukkan bagian yang tepat dari General Public License. Tentu saja, perintah-perintah program anda mungkin berbeda, untuk antarmuka GUI, Anda akan menggunakan “tentang kotak”.
Anda juga harus mendapatkan majikan Anda (jika Anda bekerja sebagai programmer) atau sekolah, jika ada, untuk menandatangani “disclaimer hak cipta” untuk program tersebut, jika perlu. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, dan bagaimana menerapkan dan mengikuti GNU GPL, lihat < http://www.gnu.org/licenses/ >.
GNU General Public License tidak mengizinkan memasukkan program Anda ke dalam program berpemilik. Jika program Anda adalah library subrutin, Anda dapat mempertimbangkan lebih berguna untuk menghubungkan aplikasi berpemilik dengan perpustakaan. Jika ini adalah apa yang Anda ingin lakukan, menggunakan GNU Lesser General Public License daripada Lisensi ini. Tapi pertama, silakan baca < http://www.gnu.org/philosophy/why-not-lgpl.html >.

FDL (Free Documentation License).

GNU Free Documentation License (GFDL) adalah Lisensi yang dirancang untuk dokumentasi perangkat lunak dan referensi lainnya dan bahan ajar. Hal ini menyatakan bahwa setiap salinan materi, bahkan jika dimodifikasi, membawa lisensi yang sama. Mereka salinan dapat dijual tetapi, jika diproduksi dalam jumlah banyak, harus dibuat tersedia dalam format yang memudahkan pengeditan lebih lanjut.
Lisensi secara eksplisit memisahkan ” Dokumen “dari” Bagian Sekunder “, yang mungkin tidak terintegrasi dengan Dokumen, tetapi ada sebagai-materi bahan depan atau lampiran. bagian sekunder dapat berisi informasi tentang penulis atau hubungan penerbit dengan materi pelajaran, tetapi tidak ada materi pelajaran itu sendiri. Sementara Dokumen itu sendiri sepenuhnya diedit, dan pada dasarnya dicakup oleh lisensi setara dengan GNU General Public License , beberapa bagian memiliki batasan berbagai sekunder dirancang terutama untuk menangani dengan atribusi yang tepat untuk penulis sebelumnya.
GNU Free Documentation License (GNU FDL atau hanya GFDL) adalah copyleft
lisensi untuk dokumentasi bebas, yang dirancang olehFree Software Foundation (FSF) untuk proyek GNU . Hal ini mirip dengan GNU General Public License , memberikan pembaca hak untuk menyalin, mendistribusikan, dan memodifikasi kerja dan membutuhkan semua salinan dan turunannya akan tersedia di bawah lisensi yang sama. Salinan juga dapat dijual secara komersial, tetapi, jika diproduksi dalam jumlah yang lebih besar (lebih besar dari 100), dokumen asli atau kode sumber harus tersedia bagi penerima pekerjaan itu.
GFDL dirancang untuk manual , buku teks, referensi lain dan bahan instruksional, serta dokumentasi yang seringkali menyertai perangkat lunak GNU. Namun, dapat digunakan untuk segala karya berbasis teks, terlepas dari subjek. Sebagai contoh, online ensiklopedia bebasWikipedia digunakan untuk menggunakan GFDL untuk semua teks.
FDL dirilis dalam bentuk draft untuk umpan balik pada bulan September 1999
GFDL membutuhkan kemampuan untuk “menyalin dan mendistribusikan Dokumen dalam medium apapun, baik untuk tujuan komersial atau noncommercially” dan karena itu tidak sesuai dengan materi yang mengecualikan kembali digunakan-komersial. Seperti disebutkan di atas, GFDL dirancang dengan penerbit komersial dalam pikiran, karena Stallman menjelaskan:
GFDL dimaksudkan sebagai cara untuk meminta penerbit komersial dalam pendanaan dokumentasi bebas tanpa menyerah apapun kebebasan penting. ‘Menutupi’ text Fitur, dan aspek lain tertentu dari lisensi yang berhubungan dengan cover, halaman judul, sejarah, dan dukungan, termasuk untuk membuat lisensi menarik bagi penerbit komersial untuk buku yang penulis dibayar.
GNU FDL berisi pernyataan: Anda tidak dapat menggunakan alat teknis untuk menghambat atau mengontrol pembacaan atau penyalinan ulang dari salinan yang Anda buat atau distribusikan. Sebuah kritik terhadap bahasa ini adalah bahwa terlalu luas, karena itu berlaku untuk salinan pribadi dibuat tetapi tidak dibagikan. Ini berarti bahwa pemegang lisensi tidak diperbolehkan untuk menyimpan salinan dokumen “dibuat” dalam format file proprietary atau menggunakan enkripsi. Pada tahun 2003, Richard Stallman mengatakan tentang kalimat di atas pada milis hukum-debian. Ini berarti bahwa Anda tidak dapat mempublikasikan mereka di bawah sistem DRM untuk membatasi pemiliknya dari salinan.
Hal ini tidak seharusnya mengacu pada penggunaan kontrol akses enkripsi atau file pada salinan Anda sendiri. Aku akan berbicara dengan pengacara kami dan melihat apakah kalimat yang perlu diklarifikasi. Bagaimanapun, kemungkinan bahwa hukum terhadap pelanggaran komputer dan hacking berbahaya akan melindungi salinan swasta bahkan jika penggunaan kontrol file memang dilarang.
Sebuah GNU FDL bekerja dengan cepat dapat menjadi terbebani karena judul, baru yang berbeda harus diberikan dan daftar judul sebelumnya harus disimpan. Hal ini bisa mengakibatkan situasi di mana terdapat serangkaian halaman judul, dan dedikasi, di masing-masing dan setiap salinan buku tersebut jika memiliki garis keturunan lama. Halaman tersebut tidak dapat dihapus sampai pekerjaan memasuki domain publik setelah hak cipta berakhir.
GNU FDL mensyaratkan bahwa pemegang lisensi, saat mencetak dokumen yang tercakup lisensi, juga harus menyertakan “Lisensi ini, pernyataan hak cipta, dan pernyataan lisensi mengatakan Lisensi ini berlaku bagi Dokumen”. Ini berarti bahwa jika pemegang lisensi mencetak salinan dari sebuah artikel yang teks tercakup dalam GNU FDL, ia juga harus menyertakan pemberitahuan hak cipta dan printout fisik GNU FDL, yang merupakan dokumen yang signifikan besar dalam dirinya sendiri. Lebih buruk lagi, sama diperlukan untuk penggunaan mandiri hanya satu (misalnya, Wikipedia) gambar. Wikitravel , sebuah situs web yang didedikasikan untuk bebas konten panduan perjalanan, memilih untuk tidak menggunakan GFDL karena menganggap tidak cocok untuk pendek dicetak teks.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/GNU_General_Public_License
http://www.gravisware.com/informasi/96-general-public-license-gpl.html
http://www.gnu.org/licenses/gpl.html
http://vlsm.org/etc/gpl-unofficial.id.html
http://spektrum.uuuq.com/indonesia/GNU_General_Public_License.html
http://www.gnu.org/licenses/fdl.html




Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Laporan Autentikasi PAP (one way & two way)

Minggu, 13 Februari 2011

Laporan Authentikasi PAP (One Way & Two Way)

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Authenticated Proxy

Sabtu, 05 Februari 2011

Authenticated Proxy [Alan Maulana Alamsyah]

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Authenticated Proxy

Jumat, 04 Februari 2011

Di Squid tersedia beberapa pilihan authentication yang bisa dipakai, diantarana :
=> NCSA: Uses an NCSA-style username and password file.
=> LDAP: Uses the Lightweight Directory Access Protocol
=> MSNT: Uses a Windows NT authentication domain.
=> PAM: Uses the Linux Pluggable Authentication Modules scheme.
=> SMB: Uses a SMB server like Windows NT or Samba.
=> getpwam: Uses the old-fashioned Unix password file.
=> SASL: Uses SALS libraries.
=> NTLM, Negotiate and Digest authentication

Kali ini mencoba membuat authentication dengan NCSA dengan Squid.
Dengan asumsi proxy Squid sudah terinstal, maka kita perlu mengubah beberapa line di file /etc/squid/squid.conf.
buat username dengan perintah :
# htpasswd /etc/squid/passwd [username]

perintah diatas, akan meminta kita untuk memasukkan password dan mengetik kembali, klo sudah maka akan ada
file /etc/squid/passwd
kemudian mencari dimana lokasi binary ncsa_auth:
# dpkg -L squid | grep nsca_auth

hasilnya:
/usr/lib/squid/ncsa_auth
selanjutnya, edit /etc/squid/squid.conf

tambahkan 3 baris dibawah ini.
auth_param basic program /usr/lib/squid/ncsa_auth /etc/squid/passwd
auth_param basic children 5
auth_param basic realm Squid proxy-caching web server
acl ncsa_users proxy_auth REQUIRED

masih mengedit file /etc/squid/squid.conf, kemudian cari baris yg mengandung http_access allow dan selalu
tambahkan ncsa_users jika ada acl (rules) lain. contoh:
http_access allow ncsa_users

semuanya harus diatas
http_access deny all

terakhir lakukan restart squid:
# /etc/init.d/squid restart

seterusnya bisa di-set di setiap mesin browsing misal IE, Mozila, Opera

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO